RegisterSearchFAQMemberlistUsergroupsLog in
Gangguan Kesuburan Pria, Asthenozoospermia

 
Reply to topic    Caffe Pojok Forum Index » Khusus cowok doang View previous topic
View next topic

Gangguan Kesuburan Pria, Asthenozoospermia
Author Message
Malaikat_Malam
Moderator


Joined: 12 Mar 2007
Posts: 126
Location: Lost Heaven

Post Gangguan Kesuburan Pria, Asthenozoospermia Reply with quote
Meskipun jumlahnya cukup, ternyata dari pemeriksaan laboratorium diketahui bahwa gerakan spermanya lamban. Masih adakah harapan baginya untuk punya anak? Mengapa dokter tidak menyarankannya bayi tabung?

"Saya seorang laki-laki berusia 35 tahun, telah menikah selama 5 tahun, tetapi sampai sekarang belum dikaruniai anak. Usia istri 32 tahun, berasal dari keluarga besar dengan 8 anak, sedangkan saya sendiri 2 bersaudara.


Saya telah memeriksakan sperma di laboratorium klinik biasa. Hasilnya normal, yaitu jumlahnya sekitar 70 juta/ml. Setelah periksa pada salah seorang dokter, keadaan fisik saya dinyatakan normal saja, tidak ada varicocele atau kelainan testis lainnya, kelamin sekunder juga normal.


Beliau menganjurkan pemeriksaan sperma di laboratorium kliniknya. Hasilnya mengejutkan karena jumlahnya mula-mula memang sekitar 70 juta, tetapi setelah 3 jam hanya 25 persen yang bergerak. Juga didapatkan bentuk sperma abnormal, diagnosis dokter tersebut asthenozoospermia.


Dokter tersebut mengatakan jumlah sperma saya tidak terlalu jelek. Namun, dia tidak mengatakan hal lainnya, misalnya anjuran bayi tabung atau memakai obat-obat tertentu.


Bagaimana menurut pendapat dokter, apakah saya masih mempunyai harapan untuk mendapatkan keturunan? Obat-obatan apa saja yang bisa meningkatkan gerak sperma? Apakah akupuntur bisa membantu?


Data fisik saya: tinggi 163 cm, tensi 130/ 70 pernah terkena hepatitis A, biasa berolahraga, tidak pernah menggunakan obat- obatan."


Periksa ke Dokter

Karena Anda sudah menikah lima tahun tetapi istri belum hamil, maka Anda dan istri tergolong sebagai pasangan yang tidak subur (infertil). Tentu saja dengan syarat selama perkawinan itu Anda dan istri telah melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa kontrasepsi.


Penyebab infertilitas dapat terletak pada Anda sebagai suami, atau pada istri. Kecenderungan pihak suami mengalami gangguan kesuburan dan sistem reproduksi tampaknya sekarang semakin besar. Maka diperlukan pemeriksaan pada suami dan istri dalam setiap masalah infertilitas.


Langkah Anda untuk memeriksakan diri kepada dokter tentu merupakan langkah yang tepat. Melalui pemeriksaan fisik yang dilengkapi dengan pemeriksaan sperma dan pemeriksaan penunjang lainnya, dapat diketahui bagaimana keadaan kesuburan Anda, dan apa penyebabnya.


Melalui pemeriksaan sperma dapat segera diketahui bagaimana keadaan kesuburan pria. Masalahnya, pemeriksaan sperma tidak selalu mudah dilakukan, apalagi di laboratorium yang petugasnya selalu berganti. Karena itu, pemeriksaan sperma tidak cukup dilakukan satu kali saja, melainkan beberapa kali.


Sperma Lambat

Dari hasil pemeriksaan sperma, dapat diketahui antara lain volume, pH, konsentrasi sel, gerak, dan bentuk sperma, serta ada tidaknya sel radang. Kalau salah satu saja dari parameter tersebut ternyata tak normal, berarti sperma tidak normal, yang menunjukkan kesuburan terganggu.


Pada pemeriksaan fisik, dicari kemungkinan penyebab gangguan kesuburan tersebut, walaupun tidak selalu didapatkan. Kalau hasil pemeriksaan menunjukkan asthenozoospermia, berarti gerakan sel spermatozoa Anda lambat atau di bawah nilai normal. Tentu saja keadaan ini dapat menjadi penyebab hambatan terjadinya kehamilan.


Ada beberapa obat yang dapat diberikan untuk meningkatkan kualitas spermatozoa dengan penyebab yang tidak diketahui. Meski demikian, hasilnya tidak selalu sesuai dengan harapan.


Mengenai bayi tabung, tentu saja dokter itu tidak begitu saja menganjurkan Anda untuk mencoba teknologi bayi tabung. Ada indikasi tertentu untuk menganjurkan pasangan infertil mencoba teknologi itu. Apalagi keberhasilan teknologi bayi tabung tidak tergolong tinggi, padahal biayanya sangat mahal bagi kebanyakan orang.


Di pihak lain, tentu saja kesuburan dan sistem reproduksi istri Anda juga harus baik. Saya sarankan Anda dan istri tetap berkonsultasi lebih jauh dan mendapat pengobatan.


Yang pasti, memang diperlukan waktu dan kesabaran dalam mengatasi masalah gangguan kesuburan. Bukan hanya Anda dan istri yang dituntut sabar, melainkan dokter juga.

_________________
dia yang berbicara dalam bahasa cinta
yang memandang dengan ketulusan
dan setiap tindakannya adalah kasih sayang
tidak akan aku relakan sekejappun
hadir dalam dunia mimpi burukku
Thu Mar 15, 2007 12:54 am View user's profile Send private message Send e-mail Visit poster's website Yahoo Messenger
Display posts from previous:    

Reply to topic    Caffe Pojok Forum Index » Khusus cowok doang All times are GMT + 6 Hours
Page 1 of 1

 
Jump to: 
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© 2007-2008 Informe.com. Get Free Forum Hosting
Powered by phpBB © 2001, 2005 phpBB Group
 :: 
Design by Freestyle XL / Flowers Online.